Perbedaan strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran: dapat diartikan sebagai
titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk
pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum,
di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran
dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran
terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang
berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2)
pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher
centered approach).
Metode Pembelajaran: dapat diartikan sebagai
cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam
bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat
beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan
strategi pembelajaran, diantaranya: (1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi;
(4) simulasi; (5) laboratorium; (6) pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8)
debat, (9) simposium, dan sebagainya.
Dapat pula dikatakan bahwa metode adalah
prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan.
Strategi
pembelajaran
adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar
tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. strategi
pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya, bahwa strategi pada
dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan
diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. Dilihat dari strateginya,
pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian pula, yaitu: (1)
exposition-discovery learning dan (2) group-individual learning. Ditinjau dari
cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan
antara strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif.
Model pembelajaran:
pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran
yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.
Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari
penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Berkenaan dengan
model pembelajaran, mengetengahkan 4
(empat) kelompok model pembelajaran, yaitu: (1) model interaksi sosial; (2)
model pengolahan informasi; (3) model personal-humanistik; dan (4) model
modifikasi tingkah laku. Kendati demikian, seringkali penggunaan istilah model
pembelajaran tersebut diidentikkan dengan strategi pembelajaran.
Teknik pembelajaran
dapat
diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu
metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan
jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya
secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang
jumlah siswanya terbatas. Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi,
perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif
dengan kelas yang siswanya tergolong pasif.
B.Strategi Pembelajaran
Strategi
pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan
siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
perencanaan.
Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang
keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian
pula, yaitu: (1) exposition-discovery learning dan (2) group-individual
learning. Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi
pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif dan strategi
pembelajaran deduktif.
Contoh dari
strategi pembelajaran adalah strategi cooperative learning dan strategi active
learning.
C.Metode Pembelajaran
Jadi, metode
pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk
mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan
praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode
pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi
pembelajaran, diantaranya:
1.
Metode ceramah adalah metode yang
lebih banyak dilakukan oleh guru sementara anak didiknya bersifat pasif;
2.
Metode demonstrasi adalah suatu
metode yang menggunakan atau memperlihatkan suatu proses, mekanisme, atau cara
kerja suatu alat dengan bahan pelajaran
3.
Metode diskusi adalah metode yang
bertujuan untuk memecahkan atau menemukan solusi masalah yang ditemukan dalam mempelajari
materi pembelajaran.
4.
Metode tanya jawab adalah suatu cara
penyajian bahan pelajaran melalui bentuk pertanyaan yang perlu dijawab oleh
anak didik.
5.
Metode eksperimen adalah metode yang
memberikan kesempatan kepada anak didik baik perorangan ataupun perkelompok
untuk melakukan suatu percobaan di laboratorium atau lapangan guna membuktikan
suatu teori atau menemukan sendiri suatu pengetahuan baru bagi anak didik.
6.
Metode pemberian tugas (resitasi)
adalah metode yang menugaskan kepada anak didik untuk mengerjakan sesuatu
dengan tujuan memantapkan, mendalami dan memperkarya materi yang sudah
dipelajari.
D.Teknik Pembelajaran
Selanjutnya
metode pembelajaran dijabarkan ke dalam teknik dan gaya pembelajaran. Dengan
demikian, teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan
seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan,
penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak
membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan
penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Demikian
pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda
pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong
pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam
koridor metode yang sama.
E. Taktik Pembelajaran
Sementara
taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau
teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual. Misalkan, terdapat dua
orang sama-sama menggunakan metode ceramah, tetapi mungkin akan sangat berbeda
dalam taktik yang digunakannya. Dalam penyajiannya, yang satu cenderung banyak
diselingi dengan humor karena memang dia memiliki sense of humor yang tinggi,
F.Model
Pembelajaran
Model
pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman
dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan
untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya
buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain. model pembelajaran mengarah kepada desain pembelajaran
untuk membantu peserta didik sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran
tercapai.
maksud dari
model pembelajaran adalah: “Kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang
sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan
belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang
pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.Mengetengahkan
1 (Satu) kelompok model pembelajaran, yaitu: (1) model interaksi sosial; (2)
Model interaksi sosial
Model
interaksi sosial menekankan pada hubungan personal dan sosial kemasyarakatan
diantara peserta didik. Model tersebut berfokus pada peningkatan kemampuan
peserta didik. untuk berhubungandengan orang lain, terlibat dalam proses-proses yang demokratis
dan bekerja secara produktif dalam masyarakat.Model interaksi sosial
menitikberatkan pada hubungan yang harmonis antara individu dengan masyarakat
(learning to life together).
Model interaksi sosial ini mencakup strategi
pembelajaran sebagai berikut:
1. Kerja
Kelompok bertujuan mengembangkan keterampilan berperan serta dalam proses
bermasyarakat dengan cara mengembangkan hubungan interpersonal dan discovery
skill dalam bidang akademik.
2.
Pertemuan kelas bertujuan
mengembangkan pemahaman mengenai diri sendiri dan rasa tanggungjawab baik
terhadap diri sendiri maupun terhadap kelompok.
3.
Pemecahan masalah sosial atau
Inquiry Social bertujuan untuk mengembangkan kemampuan memecahkan
masalah-masalah sosial dengan cara berpikir logis.
3 komentar:
saya masih bingung dan terjebak dalam strategi dan model pembelajaran, mohon penjelasannya..
karena judul skripsi saya membahas tentang active learning, dan hal tersebut sebenarnya masuk pada model atau strategi? dan mohon referensinya.tks
Togel Online !!! SGP | HKG | SYD
Ayo Bertaruh Bersama kami di agens128. win
dapatkan potongan langsung pada setiap taruhan togel anda
Proses Depo Dan WD Tercepat yang Pernah ada !
Info Lebih Lanjut Hubungi Contact Kami :
BBM : D8B84EE1 / BBM : AGENS128
Line id : agens1288
WhatsApp : 087789221725
Telegram : AgenS128
Mohegan Sun - Casino, Resort & Spa in CT
Casino, 안양 출장샵 Resort & 인천광역 출장마사지 Spa locations, rates, amenities: expert CT research, 1xbet app only at Hotel and Travel Index. Learn more about Mohegan Sun in Uncasville, 화성 출장안마 Connecticut. 대전광역 출장마사지
Posting Komentar